Sharing Dengan Pak Putu Khadafi Setiawan Dari H3C || Bestpath Network || BLC TELKOM Klaten

 Sharing Dengan Pak Putu Khadafi Setiawan Dari H3C



PENDAHULUAN
Assalamualaikaum wr.wb

Disini saya sebagai anak mondok di Best-Path Network TA 2022/2023 akan membagikan ilmu yang sudah saya dapat setelah sharing seasson dengan Pak Putu Khadafi Setiawan sebagai perwakilan dari vendor H3C.

PENGERTIAN
Sharing Session merupakan kegiatan mengobrol santai dan berbagi pengalaman antara siswa dan siswi dengan alumni dari berbagai kalangan dan profesional di bidang tertentu.

LATAR BELAKANG  
Karena belum mengerti tentang vendor H3C dan strategi pemasaranya di marketing internasional.

MAKSUD DAN TUJUAN
Menambah pengetahuan dan wawasan mengenai vendor H3C dan bagaimana strategi marketingnya.

BATASAN RUANG LINGKUP PEKERJAAN
Sharing seasson mengenai vendor H3C dan bagaimana strategi marketingnya bersama Pak Putu Khadafi Setiawan.

TARGET DAN HASIL YANG DIHARAPKAN 
Dapat mengentahui persaingan dunia luar dan dapat memotivasi diri sendiri untuk maju dan berkembang lebih pesat lagi.

METODE PELAKSANAAN
1. Mendengarkan.
2. Memahami.
3. Bertanya.

ALAT DAN BAHAN
1. Laptop.

TARGET WAKTU
1. 01.00 - 05.00

TAHAPAN PELAKSANAAN

H3C itu vendor seperti apa sih?
    H3C merupakan pesaing baru dalam dunia IT enterprise yang baru saja memasuki pasar internasional dalam waktu dekat ini. Bergerak dalam bidang penyediaan hardware mulai dari Routing and Switching hingga ke Security dan  Data Centre.

    Berdasarkan sejarahnya H3C merupakan perusahan yang diawali oleh kerja sama antara HUAWEI dan 3COM untuk dapat menembus pasar China dikarenakan China pada saat itu memiliki peraturan bahwa perusahaan luar yang ingin bergerak di dalam negeri China harus bekerja sama dengan perusahaan lokal yang ada, sehingga didirikanlah H3C. 

    Bergerak pada bidang routing and switching untuk bisnis utama tidak dapat dipungkiri sulit untuk membuka jalur sendiri. "Dalam perjalanan, H3C memilih untuk mengikuti leader dari pasar routing and switching enterprise yang sudah sangat dikenal oleh hampir seluruh kalangan di seluruh dunia yaitu cisco. Jadi jangan heran apabila sudah menguasai cisco, akan lebih mudah untuk menguasai perangkat milik H3C karena memang command control nya dibuat sedekat mungkin dengan pemimpin pasar agar tidak membuat kesulitan pengguna saat mencoba perangkat." -Pak Putu. Selain mengikuti leader dari pasar, H3C juga mengambil peluang besar dengan merekrut banyak pegawai yang tugasnya ada di bidang RnD sehingga perkembangan dapat dilakukan dengan sebaik mungkin.

    Yang menarik perhatian adalah usaha dari H3C Indonesia yang disampaikan oleh pak Putu menggunakan strategi pemasaran tradisional paling dasar yaitu Door to Door. Strategi ini bisa dibilang unik mengingat dengan banyaknya gempuran informasi secara online dan cepatnya sebuah informasi tersebar maupun berubah, menurut beliau pada skala enterprise sales, cara ini masih lebih efektif, karena hanya dengan cara ini kita dapat meyakinkan calon konsumen secara langsung akan produk yang kita tawarkan. Dengan target pasar small-medium business, enterprise and government, menunjukan perangkat secara langsung dan memberikan kesempatan kepada calon konsumen untuk mencoba sendiri kemampuan dari perangkat yang kita tawarkan adalah cara berjualan yang cukup efektif.




Perbedaan sale-man dan salesman :

"The old way, right now is the best way in our current condition." -Pak Putu

        Saleman dan salesman adalah dua hal yang berbeda. Menurut pandangan penulis, perbedaan antara saleman dan salesman hanyalah sekedar permainan bahasa yang dapat diartikan bahwa saleman adalah orang yang berjualan dengan tidak serius dan salesman merupakan seseorang yang serius dalam berjualan. Namun dalam penjelasan dari narasumber memiliki arti yang lebih dalam dari itu, dapat diibaratkan bahwa perbedaan utama dari saleman dan salesman adalah seperti perbedaan antara montir dan insinyur, yaitu berasal dari pola fikir dan solusi yang dapat ditawarkan. Salesman tidak hanya menggunakan kekuatannya dalam Public Speaking namun juga penyelesaian masalah serta solusi dari masalah yang mungkin akan muncul menjadi kelebihan terbesar.

U should know what you are selling and who you are going to sell to.

Dalam akhir sesi Pak Putu Khadafi Setiawan pun membuka sesi tanya jawab dan berikut ini meupakan pertanyaan-pertanyaan yang dilemparkan kepada Pak Putu Khadafi Setiawan:

Apa yang menjadikan H3C mampu bersaing?

Secara teknologi ada hpe enterprise pemilik dari H3C. namanya perusahaan harus berkembang oleh karena itu inspirasi kami ialah bersaing secara international. Contoh H3C punya cctv, laptop, storage dan mungkin akan terus dikembangkan.

Dengan perkembangan dari H3C yang luar biasa ini pak, apa saja kualifikasi karyawan yang menjadi standar perusahaan Terlepas dari kebutuhan switch dan router yang terus meningkat pak, pencapaian h3c tentu didorong dari faktor internalnya. Selain tadi pabrik, dan lain sebagainya bagaimana cara perusahaan mengelola karyawan sehingga perusahaan dapat berkembang dengan pesat? Dalam artian baik moto, ptinsip, atau kebiasaan apa saja yang harus dilakukan? 

Masalah masyarakat Indonesia ini adalah terlalu santai. Santai dalam artian banyak hal.

 Yang pertama ada Strategi H3C untuk mengambil pasar.

1. Traditional strategi.

2. Membuat H3C academy, namun hal ini belum tentu menjamin kesuksesannnya. Tidak perlu membuat banyak perbedaan teknologi, karena di awal pasar sudah mengenal networking dengan Cisco, Huawei, dll. Karena secara display semua sama hanya saja software dan pengembangannya yang dibedakan. Semua brand memiliki kekurangan dan kelebihannya masih-masing. Analogi "Kalau bapak punya duit bisa beli mercy, kenapa beli inova?" Artinya segalanya itu disesuaikan dengan kebutuhan dan budget. Dan ada kata kata sedikit dari Pak Putu

    "If u cannot compate the market leader, follow the market leader." -


Siapa Target pasar H3C?

Enterprise market, dan goverment, small medium bussiness.

Bagaimana dan apakah tantangan terbesar bagi generasi muda menghadapi perubahan teknologi, apakah saja kiat-kiat yang harus dilakukan dan cara adaptasinya?

-> Spesialis -> Khusus

    Generalis -> Umum



10 tahun ke depan akan terjadi perkembangan teknologi. Untuk beralih dari generalis ke spesialist kita perlu untuk mengambil sikap dimana apakah kita akan melanjutkan menjadi expert atau menjadi management. Semua orang harus punya spesialisasi atau tujuan. " Jangan takut salah. "Bagaimana sikap kita setelah mengetahui kita salah, tidak perlu diulangi tapi evaluasi dan kembangkan kemampuan kita auntuk problem solving. Patah semangat itu biasa, tapi jangan sampai patah arah.

Ada Cara meningkatkan percaya diri yaitu Fokus dan Mulai.

1. PD : Mulai.

2. Persisten : Terus-menerus.

3. Fokus : Tentukan pilihan.

4. Allah SWT : Berserah diri dan berdoa meminta kepada-Nya.

Pak Putu juga menjelaskan bahwa bukan hanya percaya diri saja yang harus ditingkatkan tetapi bahasa juga harus ditingkatkan. Berikut ini merupakan bahasa bahasa rekomendasi dari Pak Putu:

Bahasa yang harus dipelajari:
1. Inggris.
2. China.
3. Jepang/Korea.
4. Arab.

Tapi dari ke-empat bahasa diatas bahasa yang bener-bener harus dipelajari yaitu bahasa inggris karen bahasa inggris adalah bahasa internasional dan komputer itu semua menggunakan bahasa inggris.










KESIMPULAN
Salah satu kesimpulan tentang H3C itu perangkat yang dominan di network dan 80 % konfigurasinya itu sama seperti CISCO.

REFERENSI
1. Pemateri Pak Putu Khadafi Setiawan.
2. Pak Danu Wiyoto.
3. Om Faisal Hasby.
4. Google.


Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu