Pengertian SOP ( Standart Operating Procedure ) // BLC TELKOM klaten

 PENGERTIAN SOP ( Standart Operating Procedure ) // BLC Telkom Klaten



PENGERTIAN
SOP merupakan kependekan dari Standard Operating Procedure atau prosedur operasi standar, yaitu dokumen yang berisi petunjuk langkah demi langkah tentang proses teknis yang dilakukan karyawan atau anggota organisasi dalam melakukan kegiatan. SOP yang sering disebut sebagai dasar dokumen penting yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan, instansi, atau organisasi.

LATAR BELAKANG MASALAH
Karena SOP sangat dibutuhkan dan penting sekali dalam bekerja dan kehidupan sehari - hari.

MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud
Agar bisa tahu dan paham apa itu SOP.
Tujuan
Agar bisa menerapkan SOP pada saat bekerja dan kehidupan sehari - hari.

BATASAN DAN RUANG LINGKUP PEKERJAAN
Berdiskusi SOP.
TARGET DAN HASIL YANG DIHARAPKAN
Bisa menerapkan SOP dimana pun dan kapan pun.
METODE PELAKSANAAN PEKERJAAN
1. Memahami.
2. Mempraktekkan.
Alat dan Bahan
Laptop.
Target Waktu
4 Jam.
Tahapan Pelaksanaan
Pengertian SOP
Secara mudah, seperti sudah dijelaskan sebelumnya SOP merupakan serangkaian prosedur yang perlu dilakukan untuk mendapat hasil yang diinginkan. Nantinya, hal ini akan menjadi panduan bagi karyawan tentang apa yang harus mereka lakukan.
Sementara itu, ada beberapa ahli juga yang memiliki pendapat tentang pengertian SOP itu sendiri. Seperti, menurut Sailendra, SOP adalah panduan yang digunakan untuk memastikan kegiatan operasional dari sebuah perusahaan atau organisasi berjalan lancar.
Fungsi SOP
Dalam pembuatannya sendiri, SOP memiliki beberapa fungsi. Setidaknya SOP perusahaan ini adalah pedoman kerja yang harus ditaati semua pihak.
Coba kamu bayangkan jika sebuah perusahaan tidak memiliki SOP. Maka, setiap ada karyawan baru, karyawan tersebut akan bingung tentang apa yang harus mereka kerjakan.
Karyawan tersebut juga akan kebingungan tentang tugas, hak, dan tanggung jawabnya. Inilah salah satu fungsi dari adanya standar aturan ini.
1. Sebagai panduan kerja.
2. Sebagai dasar hukum.
3. Memberikan informasi yang berkaitan dengan pekerjaan.
4. Pedoman disiplin kerja.

Tujuan SOP

Dari manfaat yang didapatkan dengan adanya SOP, aturan juga ini memiliki tujuan dalam pembuatannya. Adapun beberapa tujuan tersebut, antara lain:
1. Meminimalisir kesalahan.
2. Karyawan lebih mudah mengetahui tentang pekerjaan mereka.

3. Karyawan baru akan mudah beradaptasi.

4. Membantu perusahaan mencapai target.


TEMUAN MASALAH SERTA CARA PENYELESAIAN MASALAHNYA.

Permasalahan : Ada beberapa kosa kata yang sulit untuk dipahami.

Solusi : Bertanya kepada seseorang yang sudah tahu dan mengerti.

KESIMPULAN YANG DIDAPATKAN

Pentingnya SOP dalam kehidupan sehari-hari dan dalam bekerja karena SOP sangat berpengaruh dalam produktifitas pekerjaan.

REFERENSI

wikipedia.com    


Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu