HARI KETIGA DI BPN // STAGGING PERANGKAT CISCO // BESTPATH - NETWORK

 HARI KETIGA DI BPN // STAGGING PERANGKAT CISCO // BESTPATH - NETWORK




PENDAHULUAN
Assalamualaikum wr.wb

Pada pertemuan kita kali ini saya akan membuat laporan hasil kerja dan akan menceritakan kegiatan saya di hari ketiga di BPN Jakarta.

Saya bangun tidur jam 03.00 setelah itu saya sholat berjamaah di mushola dan mengaji. Setelah mengaji saya olahraga dan joging pagi bersama kawan-kawan dari BLC Telkom Klaten keliling komplek BPN. Setelah joging saya pergi kerumah Emak untuk membantu memasak sarapan. Setelah memasak saya mandi dan sarapan bersama kawan-kawan. Setelah sarapan agenda di BPN hari ini adalah membuat bubur kacang ijo untuk dibagikan setelah sholat jumat berjamaah di Masjid.

 


Setelah itu kami membagikan bubur setelah sholat jumat berjamaah di Masjid. Setelah membagikan bubur saya istirahat dan persiapan untuk sholat ashar berjamaah. Sesudah sholat ashar berjamaah saya joging, bersih-bersih kamar, mandi, dan persiapan sholat maghrib berjamaah. Sesudah sholat magrib saya dan kawan-kawan makan malam dirumah Emak dan sholat isya berjamaah di masjid. Setelah sholat isya agenda saya dan kawan-kawan berkumpul di Graha untuk membahas soal penganalan perangkat cisco dan stangging. 


Pengertian
Stangging adalah identifikasi perangkat, kita mengidentifikasi semua informasi yang bisa kita peroleh dari perangkat. Misalnya seperti kredensial, ip, vlan, port hidup atau mati, sub interface, version, dan masih banyak lagi.

Latar Belakang
Belum tau apa itu stangging dan bagaimana cara melakukan stangging.
   
MAKSUD DAN TUJUAN
Dapat mengetahui perangkat cisco dan stangging.

BATASAN DAN RUANG LINGKUP
Membahas Perangkat dan stangging.

TARGET YANG INGIN DIHARAPKAN
Mengetahuisemua informasi perangkat dan jika suatu saat dibutuhkan tenaga untuk stangging perangkat cisco sudah bisa.

METODE PELAKSANAAN
1. Memerhatikan
2. Mendengarkan.
3. Bertanya.
4. Memptaktekkan.

ALAT DAN BAHAN
Laptop.
Proyektor.
Switch Cisco.

TARGET WAKTU
20.00 - 22.00

TAHAPAN PELAKSANAAN
Stangging adalah identifikasi perangkat, kita mengidentifikasi semua informasi yang bisa kita peroleh dari perangkat. Misalnya seperti kredensial, ip, vlan, port hidup atau mati, sub interface, version, dan masih banyak lagi.

Saya melihat langsung disebelah Mas Aldi saat melakukan stangging mengenai perintah umum untuk mengecek konfigurasi dan menjadiknannya sebuah file yang bisa menjadi dokumen laporan sebagai tanda bukti juga dokumentasi dan juga ada acuannya jadi tidak sembarangan. Mas Aldi stangging menggunakan perangkat lunak PuTTY. Untuk merekamnya, pertama kita klik kanan dibagian atas tampilan aplikasi PuTTY. Lalu ke change setting => Logging. Di logging kita rekam semua aktifitas log yang kita lakukan ke file txt. Untuk nama dan tempat filenya kita bebas menentukannya. Kemudian barulah kita melakukan show run, show ip interface, show version dan lainnya di perangkat. Untuk nantinya semua aktifitas kita akan direkam ke file tadi. Setelah kita selesai melakukan show-show tadi barulah kita nonaktifkan rekaman tadi dan kita bisa ngecek aktifitas kita ke file tadi.








TEMUAN PERMASALAHAN DAN SOLUSI
-

KESIMPULAN
Saat kita akan mengkonfigurasi perangkat kita harus mengidentifikasinya terlebih dahulu. Sesudah kita mengetahui semua konfigurasi yang ada didalamnya, barulah kita menggunakannya. Stagging ini juga berfungsi untuk membandingkan keadaan sebelum dan sesudah kita konfig perangkat tersebut.


REFERENSI
Mas Aldi Arya











Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu